Saturday, October 13, 2012

Ringkasan Khotbah

Teladan 


       Ada dua orang anak muda yang dibesarkan oleh ayah mereka yang pemabuk. Sebagai anak muda, keduanya memilih cara hidup mereka sendiri – sendiri.
      Beberapa tahun kemudian, staf pengembalaan GBI SION Banjarbaru ingin melihat dampak psikologis dari orang tua pemabuk kepada anak – anaknya dengan mencari kedua anak tersebut. Salah seorang dari mereka juga sudah menjadi seorang pemabuk seperti ayahnya. Seorang yang lain telah menjadi manusia anti alkohol yang tidak pernah minum alkohol. Staf Pengembalaan ini bertanya kepada pemuda yang telah menjadi pemabuk itu. “Mengapa anda menjadi seorang pemabuk?” Dan kepada pemuda yang lain juga bertanya “Mengapa anda menjadi seorang anti alkohol?” Dan mereka berdua memberi jawaban yang sama “Apa yang bisa anda harapkan, bila anda memiliki seorang ayah seperti ayah saya?”  

Dari cerita ini kita menemukan beberapa kebenaran : 

  1.         Apa yang ditabur itulah yang dituai. Kalau saudara ingin menuai yang baik dari diri anak – anak saudara, maka taburlah benih yang baik kepada mereka, sehingga kelak mereka bertumbuh menjadi anak – anak yang saleh yang takut akan Tuhan. Sebagai orang tua yang baik berikan teladan yang baik kepada anak – anak saudara.
  2.        Jika orang tua telah memberikan teladan yang buruk kepada anak – anaknya maka sebagai anak jangan kita meniru contoh yang buruk dari orang tua, Ambillah sikap yang positif dan berlakulah bijak.

Kiranya kasih karunia Tuhan berlimpah – limpah dalam keluarga saudara dan saya mendorong saudara untuk menjadi teladan yang baik di tengah – tengah keluarga saudara.
Tuhan Yesus Memberkati

Wakil Gembala
Pdt.Ringkay Penyang, S.Sos

0 comments:

Post a Comment